Dasar Pemrograman Komputer dengan Python

Dasar Pemrograman Komputer atau DASKOM merupakan mata kuliah yang harus kita pelajari jika kita ingin belajar pemrograman. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk belajar dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Kita menggunakan Python karena Python merupakan salah satu pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Python merupakan bahasa pemrograman interpreter. Jadi kita tidak perlu melakukan kompilasi terlebih dahulu jika kita ingin menjalankan program yang kita buat. Berikut ini adalah logo dari python.

Dasar Pemrograman Komputer

Logo Python

Apa itu Dasar Pemrograman Komputer

Nah, sebelum kita menginjak lebih jauh tentang Dasar Pemrograman Komputer, kita perlu tahu dulu apa sebenarnya yang sedang kita pelajari. Untuk menjawab pertanyaan apa itu Pemrograman Komputer? kita harus menjawab dulu pertanyaan “Apa itu program?”. Program adalah barisan instruksi yang diberikan untuk melakukan penghitungan. Misal kita punya bilangan x. Dan kita punya barisan instruksi seperti ini:

  1. Kalikan x dengan 2
  2. Hasil dari (1) ditambah dengan 20
  3. Hasil dari (2) dikurangi dengan 2
  4. Hasil dari (3) dibagi 2

Dengan input x = 10 maka yang kita dapatkan adalah

  1. Kalikan x dengan 2, maka 10 * 2 = 20. Hasilnya adalah 20.
  2. Hasil dari (1) ditambah dengan 20, maka 20+20 = 40. Hasilnya adalah 40
  3. Hasil dari (2) dikurangi dengan 2, maka 40 – 2 = 38. Hasilnya adalah 38
  4. Hasil dari (3) dibagi 2, maka 38 / 2 = 17. Hasilnya adalah 17

Hasil akhir dari barisan instruksi yang dikenakan terhadap x = 10 adalah 17.

Seperti itulah contoh dari Program. Nah, secara sederhana Pemrograman Komputer berarti memberikan barisan instruksi kepada komputer agar komputer dapat mengerjakan pekerjaan yang kita inginkan.

Instruksi dalam Dasar Pemrograman Komputer

Dalam pemrograman instruksi yang kita berikan hanya berkutat itu-itu saja. Tapi, kita meramunya menjadi sedemikian rupa senghingga menghasilnya hasil yang kita inginkan. Instruksi yang itu-itu saja adalah sebagai berikut:

Input (Masukan)

Instruksi untuk mendapatkan masukan yang diberikan oleh user.

Output

Memberikan hasil kepada user berdasarkan hasil input yang diberikan dan juga berdasarkan barisan instruksi yang telah dibuat.

Matematika

Istruksi-instruksi aritmatika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Decision (Kondisi)

Melihat suatu pernyataan benar atau salah. Jika benar, instruksi apa yang diberikan dan jika salah instruksi apa yang diberikan.

Looping (Perulangan)

Melakukan perulangan terhadap suatu instruksi.

Kesalahan dalam Pemrograman Komputer

Komputer bukanlah manusia yang bisa merasakan atau menebak. Komputer menjalankan instruksi jika instruksi yang kita berikan benar-benar tepat. Jika instruksi yang kita berikan tidak tepat, maka yang terjadi adalah error. Error pada pemrograman dinamakan dengan bug (serangga). Proses menemukan kesalahan dalam program dinamakan dengan debugging. Kesalahan dalaman pemrograman komputer ini mencakup 3 hal, yaitu: Syntax Error, Runtime Error dan Sematic Error.

Syntax Error

Syntax adalah aturan penulisan program (instruksi). Misal syntax untuk decision dalam python adalah

Syntax Error mengakibatkan program yang kita buat tidak bisa berjalan sejak pertama kali dijalankan.

Runtime Error

Runtime Error adalah kesalahan yang terjadi ketika program sudah berjalan. Syntax yang kita buat sudah benar, namun ada proses yang salah. Misalnya, pembagian dengan 0 akan menghasilkan kesalahan. Contoh program yang akan mengalami runtime error.

Program tersebut berjalan hingga  = -1 dan ketika x = 0 maka program akan mengalami error. Error saat berjalan inilah yang dinamakan dengan runtime error. Kita bisa juga menyebutnya dengan exception error (pengecualian). Artinya program akan berjalan kecuali inputnya 0.

Sematic Error

Syntax Error dan Runtime Error akan mengakibatkan program berhenti berjalan dan mengeluarkan pesan kesalahan. Sedangkan Sematic Error tidak akan mengeluarkan pesan kesalahan. Sematic Error adalah kesalahan hasil program. Misal kita ingin membuat program untuk mencari akan suatu bilangan, namun ternyata yang terjadi adalah kita mendapatkan hasil kalinya.

Penutup

Sementara sampai di sini dulu materi tentang Dasar Pemrograman Komputer. Selanjutnya yang akan kita pelajari adalah membuat program pertama kita dengan python.

Referensi

Think Python oleh Allen B. Downy