Cara Install Python – Dasar Pemrograman Komputer

Cara Install Python tidak terlalu sulit. Bagi teman-teman yang menggunakan Linux maka install python tidak perlu dilakukan. Karena python sudah terinstall sejak kita menginstall linux. Lantas, bagaimana caranya kita tahu kalau python sudah terinstall atau belum? Caranya ternyata juga cukup mudah. Kamu tinggal ketikkan python pada terminal (untuk pengguna linux) atau ketikkan python pada cmd (untuk pengguna windows). Berikut ini yang terjadi ketika kita ketikkan python di terminal.

Sayangnya aku tidak bisa menampilkan untuk windows. Soalnya aku tidak punya komputer dengan OS windows. hehe. Oh ya, kalau python sudah terinstall ngapain dong kita harus mengetahui cara install python? Ya kita install buat yang belum terinstall saja deh.

Cara Install Python

Check Python

Python 2.7 atau Python 3

Pada dasarnya python 2.7 dan python 3 merupakan python. Dari versinya python 3 jelas lebih tinggi, namun pada linux yang default terinstall adalah python 2.7. Dan yang akan kita pejari di sini adalah python 2.7. Meskipun sama-sama python namun python 2.7 memiliki perbedaan syntax dengan python 3. Contohnya untuk menampilkan output dengan print.

print “Hello World” tidak bisa dilakukan di python 3.

Cara Install Python di Linux

Untuk menginstall python di Linux caranya sangat mudah sekali. Namun, perintah untuk menginstall berbeda tergantung pada distribusi linux yang kita gunakan. Berikut beberapa contoh cara menginstall python di beberapa distribusi.

  1. Fedora: yum install python

Nah, untuk windows yang belum memiliki python secara default, kamu bisa download python di sini.

Mencoba Python – Linux

Jika sudah tersintall sekarang cobalah untuk membuka terminal. Kemudian ketikkan pertinyah python. Maka akan muncul gambar Check Python seperti gambar di atas. Pada saat tersebut, python telah membuka editor. Kita bisa langsung mengetikkan program kita di sana. Misal.

Lihat apa yang terjadi.

Mencoba Python di Linux

Mencoba Python di Linux

Selain metode tersebut, kita juga bisa menggunakan metode membaca file. Jadi, yang pertama harus kita lakukan adalah membuat file dengan extensi py. Isilah file tersebut dengan program berikut ini:

Simpan file tersebut dengan nama belajar.py. Cara menjalankannya adalah dengan masuk terminal lalu masuk ke folder tempat kamu menyimpan file tersebut. Ketikkan perintah ls | grep belajar.py untuk check apakah file tersebut berada pada folder yang kita masuki. Jika file muncul maka file ada di sana dan kita ketikkan perintah python belajar.py. Maka file tersebut akan dijalankan. Berikut adalah hasilnya.

Hasil Menjalankan Python

Hasil Menjalankan Python

Penutup

Demikianlah cara menginstall python pada linux. Selanjutnya kita akan belajar perintah-perintah python yang lain. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Selamat belajar.