Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mudah Mengatur Waktu

Kali ini aku ingin bicara tentang pengaturan waktu. Aku sadar kalau aku sebenarnya bukanlah orang yang pandai mengatur waktu. Terbukti aku sering sekali merasa yang aku kerjakan masih sangat kurang.
Nah, kali ini aku mencoba untuk mengambil dari referensi tentang cara mengatur waktu. Pada referensi pertama aku mengambil dari creativitypost.com. Pada bagian awal dijelaskan bahwa “Jangan berkata bahwa kamu tidak punya banyak waktu. Kamu punya waktu yang sama persis dengan yang dimiliki oleh Helen Keller, Pasteur, Michaelangelo, Mother Teresa, Leonardo da Vinci, Thomas Jefferson dan Albert Einstein”. Jackson Brown Jr.

Ya, kalau dipikir memang benar, bahwa kita memiliki waktu yang sama. Jam, menit, detik pun sama. Tapi, ada yang dapat banyak dalam sehari, dan ada yang tidak mendapat apa-apa dalam sehari. Ada yang dalam sehari-hari bekerja keras. Ada yang bekerja tidak terlalu keras, dan ada punya yang lembek. Tapi, kadang yang bekerja keras pendapatnya cuma sedikit sedangkan yang santai pendapatannya lebih banyak. Apa rahasia di balik semua ini?

Mari kita coba untuk mempelajari tentang pengelolaan waktu.

#1 Selesaikan tugas yang paling penting terlebih dahulu. Sebelumnya kita harus tahu apa yang penting. Kayaknya ini terkait goal kita, kita harus tahu goal kita apa. Setelah tahu apa yang terpenting berdasarkan goal, kita harus menjalankan goal kita terlebih dahulu sebelum melakukan hal yang lain.

#2 Belajar untuk berkata tidak. Hal ini yang aku sering sulit, aku selalu berkata yes, yes, yes untuk permintaan orang terhadapku. Intinya seh, jangan terlalu banyak berjanji jika kita tidak benar-benar punya waku untuk janji tersebut. Kita harus mempelajari waktu yang kita miliki.

#3 Tidur 7-8 sehari. Tidur digunakan untuk memaksimalkan kerja otak. Tubuh kita perlu beristirahat. Jika kita bekerja terus menerus dengan istirahat yang kurang, yang terjadi adalah tubuh kita akan mengalami kerusakan. Contohnya adalah baterai laptop. Ketika kita menggunakannya terus menerus dengan posisi charge lama-lama baterai laptop akan rusak. Manusia juga akan seperti itu.

#4 Fokus pada apa yang dikerjakan. Terkadang, saat kita bekerja, tiba-tiba kita ingin melakukan hal yang lain. Kita tiba-tiba ingin melihat facebook, melihat berita, melihat pesan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menguras waktu kita. Lebih baik pada saat bekerja kita fokus pada satu pekerjaan.

#5 Ambillah start lebih awal. Hampir dari kita terdorong untuk menunda suatu pekerjaan. Kita selalu merasa bahwa segalanya itu mudah, bisa dikerjakan nanti. Memang benar bahwa kita bisa menyelesaikan pekerjaan nanti, tapi lihat, apa yang terjadi nanti? kita belum tahu. Dari pada menunda-nunda, lebih baik kerjakan saja sekarang. Kalau bisa, pekerjaan yang seharusnya dikerjakan minggu depan, kita selesaikan sekarang. Jadi, kita bisa punya waktu santai setelah pekerjaan selesai.

#6 Jangan terlalu merinci hal yang tidak penting.

#7 Menjadikan tugas utama sebagai kebiasaan. Kalau tugas utamaku adalah mengcoding. Jadi setiap hari aku harus membuat program. Apapun.

#8 Perhatikan waktu yang kita gunakan untuk menonton TV, berinternet (social media) dan bermain game. Beberapa hal tersebut akan sangat membuang waktu.

#9 Batasi yang kita kerjakan. Sepertinya aku pernah seperti ini. Jadi kita harus membatasi apa yang kita kerjakan. Misal dalam 1 jam kedepan, aku harus menyelesaikan ini.

#10 Membuat waktu antara untuk setiap tugas. Ketika kita terburu-buru dari satu tugas ke tugas yang lain, kita akan sulit untuk menghargai apa yang telah kita selesaikan. Kita juga akan sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Mengijinkan diri kita untuk berhenti sejenak sebelum melakukan tugas yang lain dapat membuat otak kita bernafas. Pada saat beristirahat, berjalanlah sejenak, meditasi atau melakukan beberapa

#11 Jangan memikirkan total dari to do list. Memikirikan besarnya to-do list hanya akan membuat kita resah. Ini belum, itu belum, dan lain sebagainya. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat to-do list kita kosong. Akan selalu ada dan bertambah. Dari pada memikirkannya, lebih baik kita kerjakan saja satu per satu. Jika selesai 1 tugas, kita istirahat sejenak, kemudian melangkah lagi ke tugas yang lain.

#12 Berolahraga dan makan sehat. Banyak sekali studi yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya hidup sehat dengan produktivitas kerja. Dengan gaya hidup sehat, maka kita akan lebih mudah untuk fokus.

#13 Lakukan Sedikit Hal. Melakukan sangat banyak hal tentu akan membuat kita kuwalahan. Misal dalam sehari aku harus melakukan 10 hal, pasti ini akan sangat menyiksa. Dan karena terlalu banyak bisa jadi kita hanya melakukan semuanya setengah-setengah. Bisa jadi, ternyata kita tidak mendapatkan apa-apa dari banyak hal yang kita kerjakan. Lebih baik, kita lakukan sedikit, tapi yang paling penting dengan hasil yang paling besar.

#14 Manfaatkan akhir pekan, sedikit saja. Memanfaatkan waktu sedikit pada saat akhir pekan dapat membantu kita mengurangi beban kerja. Selain itu kita tidak akan lost focus pada hari senin. Lihatlah sepedah. Ketika kita mengayun pertama kali, kita pasti butuh tenaga lebih. Tapi, ketika sepedah sudah berjalan, maka mengayun sepeda terasa lebih mudah. Mari kita ingat hukum Newton. Menurut hukum Newton I suatu benda akan cendrung mempartahankan kedudukannya.Jika benda diam cenderung tetap diam dan jika benda bergerak maka akan cenderumg terus bergerak. Jadi, jangan pernah berhenti, teruslah bergerak.

#15 Menjadi teroganisir dengan sistem. Nah, hal ini sangat penting, karena akan sangat membantu kita menyimpan banyak waktu. Contohnya, sistem penyimpanan dokumen. Pastikan semua benda memiliki tempat penyimpanan. Berhenti berlangganan email yang tidak kita butuhkan.

#16 Lakukan sesuatu saat menungggu. Kita cenderung punya banyak waktu luang dimana kita tidak mencoba melakukan sesuatu. Contohnya saat di ruang tunggu, antrian di toko, waktu di subway, di gym dll. Temukan sesuatu untuk dilakukan pada waktu-waktu tersebut. Misalnya saja membaca.

#17 Kunci diri kita. Tidak ada gangguan, tidak ada alasan. Kadang-kadang, satu-satunya cara untuk menyelesaikan sesuatu adalah jika kita terkunci sendiri dalam ruangan.

#18 Berkomitmen pada rencana melakukan sesuatu. Jadilah tegas. Berkomitmenlah. Jadilah profesional. Keinginan kuat untuk melakukan sesuatu akan membawa kita kemanapun kita ingin pergi. Jangan pernah berhenti, lakukan sampai selesai apa yang telah kita mulai.

#19 Lakukan tugas terkait secara bersama-sama. Misalnya, dalam seminggu kita disuruh membuat 2 program, menulis 3 essai, dan membuat 2 videos. Dari pada melakukan pekerjaan tersebut sesuai urutan lebih baik mengelompokkan tugas tersebut sesuai kemiripan, dan mengerjakannya. Tugas yang berbeda memerlukan cara pengerjaan yang berbeda.

#20 Temukan waktu hening. Kita harus menemukan waktu untuk diam dan tidak bergerak untuk mengurangi kecemasan dan menunjukkan bahwa kita tidak harus selalu terburu-buru.

#21 Hilangkan yang tidak penting. Kita tahu sendiri bahwa dalam sehari sangat banyak pekerjaan kita, jika kita tidak tahu mana yang penting dan mana yang tidak maka kita akan kuwalahan sendiri.

Tulisan ini bersuber dari http://www.creativitypost.com/create/work_smarter_not_harder_21_time_management_tips_to_hack_productivity