Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara menjadi Pegawai Impian Bos

Kali ini aku akan mencontek sebuah tulisan dari https://www.themuse.com/ yang berjudul 7 Ways to Become Your Boss’ Dream Employee yang ditulis oleh Lea McLeod, M.A. Pada tulisan tersebut dijelaskan bahwa keberadaan kita (sebagai) pegawai ada untuk membuat bos kita sukses. Itulah tujuan kantor kita merekrut kita, mereka ingin kita membantu mensukseskan usaha mereka. Apa yang terjadi jika kita menjadi penghalang? Jawab sendiri ya. Jadi, apa yang bisa kita lakukan agar kita menjadi sukses sebagai pegawai? Berikut ini beberapa poin dari Lea McLeod, M.A.

Ketahui Siapa Bos Anda

Kita tidak akan membuat hidup bos kita menjadi lebih mudah jika kita tidak mengerti bagaimana beliau bekerja. Jadi, tahap pertama adalah dengan mengetahui apa yang beliau inginkan dari dirimu dan bagaimana cara kamu memberikan apa yang beliau inginkan.

Ketahui Tujuan (Goal) dari Bos Anda

Sebagai pegawai, kita mungkin terlalu fokus pada tujuan kita sendiri.Kita lupa bahwa keberadaan kita di tempat kita bekerja adalah untuk membantu bos kita mencapai tujuannya. Contoh yang paling sederhana dari fokus terhadap tujuan kita sendiri adalah ketika kita bekerja kita mencari uang. Itu adalah tujuan kita sendiri. Yang jelas bos kita tidak mempekerjakan kita untuk membagi uang. Bos kita mempekerjakan kita karena bos kita punya tujuan, dan dia tidak mampu meraih tujuan tersebut jika dia hanya sendiri. Jadi, cobalah bertanya, apa tujuan dari bos anda, dan bantulah dia mencapai tujuannya.

Jangan biarkan Bos anda tidak tahu

Mungkin yang dimaksud adalah kita harus memberitahukan apapun kepada bos kita. Jangan biarkan bos kita tidak tahu yang telah kita lakukan. Misal ada suatu kesalahan prosedur, kita harus melaporkannya. Jangan sampai bos kita tahu ketika masalah sudah menjadi besar. Hal itu bisa membuat bos kita frustasi. Jika bos kita tahu lebih awal, bos kita pasti juga akan mencari solusi.

Jangan berharap Bos anda Menyuapi Anda

Ingatlah bawah tidak ada bos yang ingin menjadi pengasuh. Jadi, jika kita bertanya tentang asuransi, bertanya tentang dimana pensil, bertanya tentang file, dan lain sebagainya janganlah bertanya pada bos. Tanyakan kepada teman kita saja.

Kalahkan deadline Kita

Ketika kita mendapatkan tugas dari bos, kita harus antusias dan komitmen untuk menyelesaikannya. Artinya apa? Artinya kita harus benar-benar menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh hanya mengerjakan semampu kita. Kemudian, kita harus menyelesaikan tugas tersebut paling lambat sehari sebelum deadline.

Tawarkan Solusi, Bukan Masalah

Tugas kita bukan mencari-cari dan menunjukkan masalah yang timbul, tapi tugas kita adalah secara proaktif memikirkan solusi dari setiap masalah yang timbul.

Lakukan apa yang kita katakan dan Katakan apa yang telah kita lakukan

Jika kita mengatakan bahwa tugas selesai hari Jumat, tapi ternyata tidak selesai, maka Bos anda yang akan dikomplain. Jadi jangan pernah berkata selesai hari Jumat jika itu tidak bisa selesai pada hari Jumat. Kita harus benar-benar punya perhitungan yang matang. Pegawai yang memiliki perhitungan matang dan berkomitmen adalah pegawai impian.

Nah, demikianlah cara menjadi pegawai impian, semoga kita bisa menerapkan semua itu. Ketika kita sudah menerapkanya semoga karir kita sebagai pegawai akan melesat. Semoga bermanfaat.