Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

3 Cara Untuk Meningkatkan Fokus

Beberapa kali aku selalu kehilangan fokus dalam pekerjaan. Pada saat mengerjakan sesuatu program tiba-tiba kepikiran berita, akhirnya lihat berita dulu. Kemudian, saat mengerjakan program tiba-tiba ada yang mengajak ngoborl, akhirnya ngobrol dulu. Pada saat mengerjakan program, tiba-tiba ada Whatsapp masuk, baca whatsapp dulu. Dan masih banyak lagi halangan-halangan yang menyebabkan kurang fokus. Latas, bagaimana caranya agar bisa benar-benar fokus dalam mengerjakan suatu hal. Aku mencoba untuk mencari-cari dari google, dan aku akan mencoba menerjemahkan tulisan dari www.wikihow.com. Berikut 3 Cara Untuk Meningkatkan Fokus:

Membangun stamina fokus

Masing-masing orang mungkin memiliki “stamina fokus” yang berbeda-beda tapi yakinlah bahwa hal ini dapat ditingkatkan. Untuk membangun stamina fokus kita harus memberi diri kita waktu, katakanlah 30 menit untuk tidak melakukan apapun kecuali tugas yang kita kerjakan. Ketika waktu habis, lihat seberapa lama kita bisa melakukan hal tersebut. Jika kita bisa mengulangi proses ini, kita akan melihat bahwa kita bisa fokus pada hanya satu tugas. Lakukan terus hingga kita merasa kita harus berhenti dan cobalah untuk fokus lebih lama dari hari sebelumnya.

Meditasi

Meditasi tidak sekedar membuat kita relax tapi jika kita meditasi hanya 10-20 menit saja setiap hari, secara perlahan fokus kita akan meningkat. Ketika kita menditasi kita akan fokus pada pemberisihan kepada dan konsentrasi pada tubuh dan nafas. Dengan begitu, kita akan mudah mentransfer kemampuan ini untuk membersihkan kepala kita dan fokus pada pekerjaan yang ada di depan mata. Kita dapat bermeditasi ketika kita baru bangun tidur atau sebelum tidur atau pada waktu-waktu lain. Saran untuk bermeditasi

  1. Pilihlah tempat yang relatif tenang, jadi kita tidak terganggu dengan suara-suara bising
  2. Carilah tempat duduk yang nyaman dan tempatkan tangan di lutut.
  3. Mulailah merilexkan bagian tubuh kita, satu bagian pada satu waktu, sampai semua bagian terasa relax.

Banyak Membaca

Membaca merupakan cara yang bagus untuk membangun fokus. Cobalah untuk membaca sesuatu tanpa berhenti 30 menit. Tingkatkan waktunya secara perlahan. Fokus pada materi yang anda baca, entah itu novel romance maupun biografi, akan membantu kita belajar fokus pada pekerjaan. Saran untuk membaca:

  1. Saat kita membaca, tanyakan pada diri kita pada setiap halaman untuk meyakinkan bahwa kita mengerti apa yang sedang kita baca.
  2. Membaca di pagi hari merupakan cara yang baik untuk membangunkan pikiran kita.
  3. Buatlah goal membaca untuk 30 menit atau lebih dalam sehari, dan melihat televisi kurang dari 30 menit sehari. Konsentrasi yang telah kita bangun dengan membaca mungkin akan tergerus dengan menonton televisi.
  4. Cobalah untuk menghindari gangguan ketika membaca. Matikan/Silent HP ketika kita sedang membaca, katakan pada orang di rumah untuk tidak mengganggu kita ketika kita sedang membaca.

Demikianlah cara meningkatkan fokus. Semoga dengan 3 cara ini kita bisa lebih meningkatkan fokus. Khususnya bagi saya sendiri yang sering lost-focus saat bekerja, atau saat membuat program. Akhirnya, semoga tulisan ini bermanfaat.