Lomba Senam Aerobik KORPRI di UM

Lomba Senam Aerobik KORPRI di UM sebenarnya diadakan pada tanggal 25 November 2016. Tapi aku baru sempat menulis sekarang. Dalam rangka hari ulang tahun KORPRI, KORPRI Universitas Negeri Malang mengadakan berbagai macam lomba, salah satunya adalah lomba senam aerobik. Lomba tersebut diikuti oleh beberapa Fakultas dan Unit Kerja. Unit kerja-ku juga membuat tim untuk ikut dalam lomba senam tersebut. Mereka sudah latihan, tapi tidak mengikutkan aku. Setelah latihan beberapa kali, ternyata mereka kekurangan anggota laki-laki. Sang pelopor tim senam, yaitu Bpk. Ir. Ma’arif kemudian menghubungi salah satu temanku untuk mencarikan anggota laki-laki. Tanpa pikir panjang, temanku tersebut langsung mengusulkan namaku, karena memang aku senang olahraga. Awalnya aku berpikir untuk tidak ikut, karena pasti latihan akan memakan banyak waktu, sehingga pekerjaanku terbengkalai. Tapi, akhirnya aku ikut juga. hehe

Latihan diadakan pada pagi hari, aku mulai ikut latihan. Ya, pertama kali latihan memang harus penyesuaian gerak. Hari pertama latihan, perutku rasanya sakit sekali. Mungkin karena aku baru saja sarapan. Tapi, tidak apa-apa, lain kali aku tidak akan sakit lagi. Latihan kedua dilakukan pada siang hari, sekitar jam 2. Dilakukan di dalam gedung aula A3. Pada latihan kedua ini aku mencoba untuk merekam gerakan dari instruktur agar nanti dapat aku pelajari sendiri di kos-kosan. Semakin hari gerakanku semakin baik, aku sudah hafal sementara yang lain belum semua hafal. Mau tidak mau aku diminta untuk berada paling depan, bukan karena hafal, tapi kerena posturku lebih tinggi dibandingkan dengan anggota yang lain.

Hari-hari menuju lomba semakin dekat, aku pesimis bisa menang. Karena di setiap latihan selalu ada saja yang lupa gerakan. Entahlah, aku berpikir menang kalah tidak jadi masalah. Tapi, kalah bukan pilihan, aku harus menang, aku harus all out, apapun yang terjadi, aku harus mengerahkan seluruh kemampuanku. Hingga pada akhirnya aku cidera lutut kanan. Hari terakhir latihan lututku terasa sakit. Padahal lomba dilakukan besoknya. Malam hari sebelum lomba, aku mengolesi lututku dengan Salon Pas. Paginya masih tetap tidak ada perubahan. Akhirnya paginya aku olesi lagi dengan salon pas.

Sebelum Lomba

Hari dimana lomba diadakan-pun tiba. Sebelum berangkat menuju tempat lomba, teman-teman tim minta untuk latihan sekali lagi.

Latihan Sebelum Lomba

Latihan sebelum lomba dimulai, latihan ini juga bermaksud untuk pemanasan

Pemanasan sebelum lomba

Latihan sebelum lomba dimulai, yang 2 hadap kiri, yang 2 lagi hadap depan. Kurang kompak

Setelah melakukan latihan pemanasan, kami melakukn acara photo bersama.

Photo bersama sebelum lomba

Photo bersama sebelum lomba, Ardhan berada di depan, paling kiri

Photo Sebelum Lomba

Ardhan terlihat paling semangat

Lomba Dimulai

Setelah sesi pemanasan selesai, akhirnya, tiba saatnya untuk mengikuti lomba. Lomba diadakan di lapangan tenis Universitas Negeri Malang. Kami mendapatkan nomor urut 5. Lumayan lama juga nih nunggunya. Sambil menunggu aku melihat penampilan dari peserta lain, salah satunya adalah penampilan dari unit kerja SATPAM UM.

Satpam UM dalam Lomba Senam

Satpam UM beraksi dalam lomba senam KORPRI UM

Tibalah giliran kami, TIM SENAM KANTOR PUSAT UM. Berikut ini adalah photo-photo saat lomba.

Menunggu musik Mulai

Kami menunggu musik dimulai

Gerakan Pemanasan

Gerakan Pemanasan

Gerakan Inti Pertama

Gerakan Inti Pertama, ada yang tidak kompak tuh.

Masih Gerakan Inti Pertama

Masih Gerakan Inti Pertama

Tetap Gerakan Inti Pertama

Tetap Gerakan Inti Pertama. Kali ini kami terlihat kompak.

Ardhan Beraksi

Kali ini Ardhan beraksi dalam senam. Lihat sepatunya, itu sepatu pinjeman. Minjem sama mas, Wahyu Bowo Laksono.

Ardhan sedang beraksi

Kenapa mangap-mangap? Itu karena ikut nyanyi lagu goyang dumang

Gerakan Terakhir

Gerakan Terakhir adalah gerakan pendinginan.

Setelah gerakan terakhir, maka selesai sudah semua gerakan kami. Setelah tim kami, masih ada 1 tim lagi yang beraksi, yaitu tim dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Video Aksi

 

Pengumuman

Setelah semua tim selesai menunjukkan aksinya, tiba saat-nya pada pengumuman pemenang. Dari awal aku sudah sangat pesimis akan mendapatkan juara. Tapi, aku telah melakukan yang terbaik, dalam kondisi lutut yang sakit, aku tetap berusaha. Aku yakin dapat juara. Piye seh.? Katanya pesimis, tapi yakin dapat juara. ahaha.

Dewan juri mulai mengumumkan, yang pertama adalah juara 3, yaitu Fakutas Ilmu Sosial. Wow, aku pikir, Fakultas Ilmu Sosial punya penampilan yang bagus, itu aja dapat juara 3, apa lagi tim gue. Ya udah deh, aku berhenti berharap menjadi juara.

Selanjutnya dewan juri mengumumkan lagi untuk juara 2, yaitu Fakultas Imu Keolahragaan. Lho, piye seh? Padahal saat itu Fakutlas Ilmu Keolahragaan tidak ikut lomba. Mungkin jurinya takut subyektif kali ya. Kan jurinya orang FIK. Tapi, ternyata jurinya melawak,

. FIK tidak jadi juara karena tidak ikut lomba. Jadi, siapa yang juara 2? Dan ternyata, kami yang juara 2. Wow. Aku teriak sejadi-jadinya. Aku sangat senang sekali. Awalnya aku berpikir akan juara 3, ternyata dapat juara 2, benar-benar melebihi ekspektasiku.

Lantas, siapa yang juara pertama? Ternyata yang juara pertama adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas tempat aku kuliah selama 6 tahun. Dan beberapa anggota tim mereka adalah dosenku. Selamat buat FMIPA.

Para Pemenang Lomba Senam

Para Pemenang Lomba Senam

Dan akhirnya selesai sudah Lomba Senam Aerobik KORPRI di UM. Lututku semakin hari semakin sakit. Semoga segera sembuh.