Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menjadi Teorganisir

Cara menjadi teroganisir gampang-gampang susah. Aku sudah pernah mencoba akan tetapi beberapa hari kemudian, aku kembali menjadi tidak teroganisir. Apakah orang terorganisir merupakan takdir? Aku rasa tidak. Menurutku menjadi teorganisir adalah masalah kebiasaan. Jika kita terbiasa teroganisir, menjadi teroganisir sangat mudah. Kali ini aku akan mengabil artikel dari keepinspiring.me dengan judul “20 Ways To Organize Your Life Now“. Berikut ini isinya:

1. Tulislah semuanya, dan jangan mengandalkan ingatan kita.

Tidak ada salahnya mengadalkan ingatan, tapi apakah ingatan kita bisa mengingat segala sesuatu. Aku rasa tidak semua orang bisa mengingat segala sesuatu, semakin banyak hal yang harus diingat, maka akan sulit mencari sesuatu dari ingatan. Dari pada membenani ingatan kita, lebih baik jika kita menuliskannya dalam sebuah kertas, atau aplikasi untuk menulis, misalnya keep, evernote, dll. Setelah menuliskan apa yang perlu diingat, kita tinggal melupakannya. Ketika suatu saat dibutuhkan kita kembali melihat catatan yang sudah kita buat. Tapi, ingat, jangan sampai catatan hilang. hehe

2. Selalu Membuat Back Up

Back up yang dimaksud di sini bukan hanya soal data yang ada di komputer, tapi backup segalanya. Misalnya kunci rumah, buatlah duplikat sebagai backup. Buatlah file scan untuk dokumen-dokumen pribadi. Misal scan KTP, Ijazah, KK, Surat Nikah dll.

3. Berlatih untuk Mengembalikan Sesuatu pada Tempatnya

Pastikan kita punya tempat untuk setiap benda, dan mengembalikan benda tersebut pada tempatnya. Kebiasaan ini akan sangat membantu kita. Contohnya aku, karena tidak terbiasa menaruh pada tempatnya, akhirnya sering buang-buang waktu hanya untuk mencari kunci sepeda. Bayangkan jika kita punya tempat kunci dan setiap kunci berlabel. Kemudian kita selalu menaruh kunci di sana, pasti akan sangat mudah menemukan kunci.

4. Me-scan dan membuat Backup Photo

Kita pasti tidak ingin kehilangan photo momen-momen yang indah. Kadang melihat photo masa lalu juga bisa membuat kita mengenang masa lalu.

5. Teratur Menjaga Kebersihan

Jika kebersihan tidak dijaga dengan teratur, akan membuat tempat kita berantakan. Kadang kita menunda-nunda untuk membuang sesuatu yang tidak berguna. Atau menunda-nunda untuk merapikan buku. Semakin lama tempat kita menjadi semakin berantakan karenanya. Jadi usahakan untuk terus menjaga kebersihan.

6. Menjaga Kebersihan di Daerah Berantakan

Kita punya daerah-daerah atau tempat yang selalu berantakan. Misalnya saja tempat cucian piring. Nah, usahakan untuk menjaga kebersihan pada daerah ini.

7. Menginstall Aplikasi untuk Mengatur Keuangan

Keuangan adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai keuangan kita sampai bocor gara-gara kita tidak teratur menggunakan uang. Aplikasi managemen keuangan dapat membantu kita untuk mengatur budget harian dan bulanan. Aplikasi ini akan membantu kita agar pengeluaran kita tidak melebihi budget yang telah kita tetapkan sendiri.

8. Daur Ulang dan Donasikan

Usahakan untuk mendaur ulang dan mendonasikan barang-barang yang tidak digunakan. Jangan menyimpan banyak hal yang tidak diperlukan. Karena hal itu akan memakan tempat.

9. Mendonasikan atau membuang sebuah benda sebelum membeli benda

Ini merupakan sebuah trik, jadi sebelum membeli barang-barang baru usahakan untuk mendonasikan atau membuat satu hal yang tidak digunakan.

10. Mengecek tanggal kadaluarsa stok obat

Jika kita punya stok obat dirumah, usahakan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa. Jangan sampai ketika kita membutuhkan obat, ternyata obat kita kadaluarsa. Dan mengkonsumsi obat kadaluarsa akan membuat kita semakin sakit.

11. Belajar Mendelegasikan

Usahakan untuk mendelegasikan apapun yang tidak begitu penting. Misalnya saja, membuat aturan di rumah, siapa yang bertugas membersihkan kamar mandi, siapa yang bertugas membersihkan halaman.

12. Membuat Informasi Bersama

Kita bisa membuat sebuah papan pengumuman bersama terkait dengan hal-hal yang melibatkan orang rumah. Misal papan jadwal nonton bersama, jadwal berkunjung ke orang tua, atau jadwal-jadwal yang lain.

13. Kembalikan Barang Segera setelah Dipakai

Pada poin 3, kita telah membuat tempat untuk setiap benda, tapi apa gunakan tempat-tempat tersebut jika kita tidak segera mengembalikan barang-barang segera setelah digunakan.

14. Membuat backup Password

Kehilangan password adalah sesuatu yang menjengkelkan. Usahakan untuk membuat backup password di tempat yang aman. Misalnya saja ditulis dibuku dan simpan bukunya ditempat yang aman,.

15. Berhenti Berlangganan dari Email yang jarang dibaca

Email sering menumpuk tidak jelas? Cobalah untuk berhenti berlangganan dari email-email yang tidak pernah anda baca.

16. Buat Data Inventaris dan Jangan Kelebihan Stok

Membuat data inventaris barang-barang di rumah yang harus dibeli. Misal sabun mandi, sabun cuci, pelembut pakaian, dan lain-lain. Usahakan untuk tidak kelebihan stok.

17. Membuat Label Makanan

Aku pernah mengalami saat dimana aku membuka kulkas. Aku menemukan telur, sudah 1 bulan tidak disentuh. Dan akhirnya telur tersebut busuk. Jika kita menyimpan makanan dalam kulkas dan dibungkus, usahakan untuk memberi bungkusnya label, lengkap dengan tanggal kadaluarsanya.

18. Membuat Jadwal Membersihkan

Buatlah jadwal untuk melakukan kebersihan. Misal jadwal membersihkan rumput dihalaman seminggu sekali atau sebulan sekali.

19. Menginstall Aplikasi Managemen Tugas

Pada poin 1, kita mencoba untuk menuliskan segalanya. Termasuk tugas-tugas kita. Kita bisa menginstall aplikasi managemen tugas untuk mempermudah dalam menuliskan apa yang harus kita lakukan. Aku sendiri sekarang menggunakan aplikasi wunderlist. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan bisa sinkron antara Laptop dengan Smartphone. Untuk menulis aku menggunakan Laptop, dan melihatnya menggunakan smartphone.

20. Membuat Daftar Keinginan pada Akhir Pekan

Kita bisa membuat daftar keinginan apa saja yang ingin kita lakukan pada akhir pekan. Misalnya saja memancing, menonton bersama, jalan-jalan dan lain sebagainya. Dengan ingin, jika kita ingin menghabiskan akhir pekan, kita tidak perlu lagi bingung-bingung. Tinggal lihat saja pada daftar keinginan kita.

Demikian 20 Cara Menjadi Teorganisir. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kita, khususnya saya sendiri. Semoga bermanfaat.