Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menggunakan Kelas di PHP

Cara Menggunakan Kelas di PHP tidak terlalu sulit. Mari kita coba pelajari bersama.

Mendeklarasikan Kelas

Perhatikan contoh di atas. ContohKelas merupakan nama kelas, setelah nama kelas tidak ada tanda (). Aturan penamaan kelas sama seperti aturan dalam menamai variable dan fungsi. Kelas dalam PHP bisa terdiri dari variable dan fungsi. $var1 adalah nama varibel dan TampilkanVaribale adalah nama fungsi. Penggunan $this-> adalah untuk merujuk pada variable kelas.

Menjalankan Kelas

Apa yang terjadi jika kita menjalankan program PHP di atas. Yang terjadi hanya halaman kosong. Untuk menguji kelas yang telah kita buat, kita bisa menambahkan kode seperti dibawah ini tepat di bawah kelas.

Yang kita lakukan adalah membuat sebuah variable. Anggap saja kelas seperti sebuah tipe data baru. $test merupakan variable yang menyimpan tipe data ContohKelas. Setelah itu, kita memanggil fungsi dalam kelas melalui variable $test.

Merubah Variable dalam Kelas

Nah, sekarang bagaimana jika kita ingin merubah isi variable $var1 yang ada dalam kelas ContohKelas. Jika variable tersebut public, kita bisa secara langsung menggantinya dengan cara:

Namun, jika variable tersebut private, kita tidak bisa merubahnya secara langsung. Kita harus membuatkan fungsi public yang bertugas untuk merubah nilai kelas. Seperti ini contohnya.

Perhatikan, pada baris 27 kita bisa langsung merubah kelas secara langsung. Namun, pada baris 30 kita harus memanggil fungsi. Jika kita melakukan hal sama seperti baris 27, yaitu $test->var_private = “var private juga dirubah oleh ardhan” maka akan terjadi error seperti ini:

Fatal error: Cannot access private property ContohKelas::$var_private in ….

Nah, demikianlah cara menggunakan kelas di PHP. Lain kali akan aku tunjukan penggunaan __construct dan __toString. Tunggu ya. Selamat belajar.

Referensi: http://php.net/manual/en/language.oop5.php