Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP

Siang ini aku pengen iseng-iseng doang. Program yang sederhana, seperti pas jaman belajar DASKOM. Aku akan mencoba membuat program untuk melihat bilangan ganjil genap dengan PHP. Program ini akan menampilkan bilangan genap atau ganjil dalam rentang tertentu. Program ini akan otomatis merubah urutan jika bilangan awal lebih besar dari bilangan akhir.

DEMO

Penjelasan Singkat

Program Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP ini membuatuhkan sebuah form yang ditulis dengan HTML. Form tersebut terdiri dari 3 inputan, yaitu:

  1. Bilangan Awal
  2. Bilangan Akhir
  3. Jenis yang diinginkan (Ganjil Atau Genap)

Form action diarahkan ke sebuah file bernama proses.php. Pada proses.php itulah input dari form dikelola dan kemudian ditunjukkan hasilnya.

Halaman Awal Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP (HTML)

Pemrosesan (PHP)

Penjelasan Proses

Pertama, kita dapatkan dulu variable dari form yang telah kita buat dengan HTML.

Kedua, kita mencari tahu, apakah bilangan awal lebih kecil dari bilangan akhir. Jika iya, kita menggunakan urutan maju. Jika ternyata bilangan awal lebih tidak lebih kecil dari bilangan akhir, kita gunakan urutan mundur.

Ketiga, kita cari tahu apa yang ingin ditampilkan. Apakah bilangan ganjil, ataukah bilangan genap.

Keempat, cara kita mencari tahu bilangan ganjil atau genap adalah dengan melihat sisa bagi. Operasi hasil sisa bagi bernama modulo menggunakan tanda %. Kita katakan sebuah bilangan sebagai bilangan genap, jika hasil sisa bagi terhadap 2 adalah 0, dan bilangan ganjil adalah jika hasil sisa bagi dari 2 lebih dari 0.

Nah, demikianlah program Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Teman-teman juga bisa menyederhanakannya. Selamat mencoba.