Belajar Membaca Buku agar Lebih Pinter Dikit

Pada jaman kuliah aku tergolong orang yang sangat malas untuk membaca. Terbukti aku harus menyelesaikan studi 6 tahun lamanya. Ini pasti karena dulu aku malas untuk membaca. Nah, suatu ketika aku berusaha untuk belajar membaca buku. Movitasi belajar membaca buku ini berasal dari Tung Desem Waringin. Beliau adalah seorang motivator. Aku pertama kali mendengarkan suara beliau adalah dari audio motivasi yang aku download. Judul audio tersebut adalah life revolution series. Audio tersebut sangat memotivasi diriku.

Aku mulai belajar menapakkan kakiku di toko buku, sebelumnya sih gak pernah sama sekali. Males banget harus ke toko buku. Aku mencoba memilih topik yang aku senangi, yaitu tentang komputer atau tentang pemrograman. Ternyata aku salah memilih topik. Buku komputer dan pemrograman bahasa terlalu teknis, dan aku jadi males baca. Buku kayak gini seharusnya buat referensi aja, bukan sebagai bahan bacaan. Akhirnya bukunya mangkrak tidak dibaca. Dan aku tidak jadi belajar membaca.

Koleksi buku pada saat awal belajar membaca

Koleksi buku pada saat awal belajar membaca

Berikutnya aku mencoba untuk memilih topik yang lebih menarik, yaitu topik motivasi, kepemimpinan dan bisnis. Karena aku belajar, aku coba aja ambil buku yang kecil. Buku karya John Maxwell, judulnya adalah How To Influence People. Selain itu aku juga mengambil buku tentang bisnis karya Tung Desem Waringin dengan judul Marketing Revolution. Nah, iseng-iseng juga aku mengambil buku berjudul Ensiklopedia Kearifan Jawa karya Sri Wintala Achmad.

Buku yang enak dibaca

Buku yang enak dibaca

Buku John Maxwell kecil tersebut telah berhasil membuat aku termotivasi untuk membaca. Untuk pertama kalinya aku bisa membaca buku sampai selesai. Ya iyalah, lha wong bukunya kecil. Jelas aja bisa selesai. hehe. Setelah kejadian membaca buku John Maxwell aku jadi rajin mengoleksi buku yang bertopik motivasi, pengembangan bisnis, dan kepemimpinan. Bahkan aku agak jarang beli buku yang bertema komputer dan pemrograman.

Bagaimana dengan novel? Aku kurang begitu tertarik dengan novel. Pengen juga seh sesekali waktu belajar membaca novel. Namun, aku tidak merasa membaca novel itu membawa manfaat. Mungkin aku salah, jika aku salah, aku mohon maap. Suatu hari, jika ada kesempatan dan uang aku akan belajar membaca novel juga.

Sejauh ini, buku paling tebal yang telah aku baca sampai tuntas adalah buku karya Anthony Robbins yang berjudul Awaken The Giant Whitin. Buku tersebut terdiri dari 820 halaman. Aku menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan untuk menyelesaikan membaca buku tersebut. Sayangnya, ketika aku sudah selesai membaca, aku malah lupa apa materi awalnya. ahaha. Jadi buat apa aku mbaca? wkwk.

Buku Anthony Robbins sebanyak 820 halaman

Buku Anthony Robbins sebanyak 820 halaman

Sampai saat ini sebenarnya aku masih belajar membaca buku. Aku masih belum bisa menjadi pembaca aktif. Kadang dalam sehari aku melewatkan membaca buku. Aku juga tidak fokus pada satu bacaan. Kadang, pagi baca buku A, sore baca buku B. Kedepan, aku ingin lebih banyak membaca. Membaca dan terus membaca.