Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengirim E-Mail dengan PHP Menggunakan Kelas PHPMailer

Kali ini aku membuat program sederhana untuk mengirim e-mail dengan PHP. Kita tidak menggunakan fungsi mail() yang ada di PHP tapi kita akan dibantu dengan kelas PHPMailer. Untuk program kali ini aku tidak menyediakan demo, takutnya nanti demonya dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Aku tidak akan panjang lebar, aku akan langsung menunjukkan cara membuatnya. Pertama, kita harus donwload dulu kelas PHPMailer dari github. Teman-teman bisa langsung klik di sini untuk mendownload. Pada program, kita akan terdapat 2 buah file dan 1 folder, yaitu:

  1. index.php berisi sebuah form yang terdiri dari 3 input, yaitu: alamat tujuan, subyek email dan isi email
  2. proses.php berisi source code pemrosesan email dengan menggunakan php mailer
  3. Folder Mailer yang di sudah kita download sebelumnya.
File pada program Mengirim E-Mail dengan PHP

File pada program mengirim e-mail dengan php

index.php

Berikut ini adalah source code dari index.php. Teman-teman juga bisa menyimpan-nya sebagai html.

Berikut ini hasil form yang dibuat:

Form Mengirim E-Mail dengan PHP

Form Mengirim E-Mail dengan PHP

proses.php

Seperti biasa, form tersebut diarahkan ke proses.php. Berikut ini adalah source code dari proses.php

Penjelasan Proses Mengirim E-Mail dengan PHP

  • Pertama kita harus me-require kelas PHP Mailer. Setelah itu kita buat object $mail yang merupakan object phpmailer.
  • Kita harus menentukan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). SMTP adalah protokol yang digunakan untuk mengiriman pesan berupa e-mail antar mail server. Jika kita gunakan gmail, maka host SMTP-nya adalah smtp.gmail.com dengan port 465 untuk SSL dan 587 jika kita menggunakan TLS.
  • Selanjutnya kita menentukan pengirim. $mail->Username diisi dengan alamat email gmail yang akan kita gunakan untuk mengirim. $mail->Password diisi dengan password yang kita gunakan.
  • Langkah berikutnya adalah menentukan siapa penerima surat dengan menggunakan fungsi $mail->addAddress(“alamat”). Fungsi ini dapat digunakan beberapa kali. Jadi, misal kita ingin mengirim kepada 10 penerima, lakukan saja fungsinya 10 kali. Berikut contohnya, jika 3 penerima.
  • Jika penerima sudah, maka kita harus menentukan subyek e-mail dan juga isi email.
  • Kita bisa menampilkan debug SMTP dengan cara mengaktifkan $mail->SMTPDebug = 1; Pada source code di atas, SMTP debug sengaja dikomentar.
  • Langkah terakhir adalah mengirim surat dengan fungsi $smtp->send(); fungsi ini akan mengembalikan nilai true jika berhasil dan false jika tidak. Dengan begitu kita bisa menampilkan pesan saat email berhasil di kirim maupun tidak dengan melihat if($mail->send())

Nah, demikianlah program untuk mengirim email dengan PHP. Semoga program ini bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Selamat mencoba, dan selamat belajar. Jangan bosan-bosan untuk belajar ya.