Cara Membuat Website dengan Python

Kali ini aku akan menunjukkan cara membuat website dengan python. Biasanya kita membuat website dengan PHP akan tetapi kali ini aku akan sedikit keluar jalur dan mencoba untuk membuat website dengan python. Nantinya script python akan dibaca oleh CGI dan diterjemahkan menjadi HTML. Caranya bagaimana ya? Yuk kita simak bersama.

Persiapan Cara Membuat Website dengan Python

Pertama, yang harus kita persiapkan adalah webserver. Kita bisa gunakan apache atau langsung menggunakan paket XAMPP. Pada contoh kali ini, kita akan menggunakan contoh dengan XAMPP versi linux. Caranya sama untuk windows. Python sudah otomatis terinstall di Linux. Namun, untuk windows, kelihatannya tidak otomatis. Sehingga teman-teman harus menginstall python terlebih dahulu.

Kedua, untuk belajar cara membuat website dengan python, teman-teman harus paham dulu dengan HTML, lebih baik juga paham dengan PHP. Selain itu, juga harus paham dengan python. Dan sudah tahu bagaiamana cara menjalankan python sederhana di windows. Kalau belum tahu, teman-teman harus belajar.

Untuk mendapatkan sebuah website dengan python, kita akan dibantu oleh CGI (Common Gateway Interface). CGI itu semacam aplikasi yang akan menjalankan aplikasi yang kita buat dan dikeluarkan sebagai sebuah halaman web. Untuk script yang dijalankan dengan CGI kita tidak bisa menaruhnya di htdocs. Kita harus menaruh script tersebut di cgi-bin.

Script Pertama – Cara Membuat Website dengan Python

Kita mulai dengan script python yang sederhana dulu ya. Semacam hello world! gitu. Hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah cgi kita sudah berjalan dengan baik atau belum. Script bisa dilihat di bawah ini. Untuk yang paling pertama kita harus menunjukkan pada CGI dimana letak dari executor python. Kalau di linux letaknya di /usr/bin/python. Kemudian kita juga harus menunjukkan bahwa script kita akan mengeluarkan output berupa html. Caranya adalah dengan menuliskan print “Content-type:text/html\r\n\r\n”.

Simpanlah script tersebut di cgi-bin. Jika kamu menggunakan windows maka cgi-bin berada di folder xampp. Kalau menggunakan linux. Maka folder-nya berada di /opt/lampp. Berikut ini adalah gambar cgi-bin di linux.

cgi-bin di linux - Cara Membuat Website dengan Python

cgi-bin di linux

Buatlah folder sendiri di dalam cgi-bin dengan nama python atau nama apapun sesuai selera. Kemudian simpan script yang telah kita buat dengan nama belajar.py. Kemudian cobalah untuk mengakses python dengan cara memasukkan alamat “localhost/cgi-bin/python/belajar.py“. Demikianlah hasil script yang kita buat

Hasil Script Python dibuka dengan Google Chrome - Cara Membuat Website dengan Python

Hasil Script Python dibuka dengan Google Chrome

Menambahkan CSS – Cara Membuat Website dengan Python

Sebenarnya kita bisa membuat css secara langsung dengan <style></style>. Namun, yang jadi masalah adalah bagaimana caranya menghubungkan css external ke python-cgi ini. Aku awalnya mencoba menaruh file css di cgi-bin. Akan tetapi file css yang ditaruh disana akan dibaca sebagai script cgi dan akan dicompile. Jadi, yang benar kita harus menaruhnya di “root directory web”. Jika menggunakan xampp maka menaruhnya di htdocs. Mari kita coba dengan membuat css seperti ini.

Simpanlah css tersebut di htdocs dengan nama style.css. Kemudian, tambahkan script berikut di belajar.py. Taruh script di bawah ini ke head.

Berikut ini hasilnya

Python CGI dengan CSS - Cara Membuat Website dengan Python

Python CGI dengan CSS

Penutup

Nah, demikianlah cara membuat website dengan python. Cukup mudah bukan? Teman-teman juga bisa menambahkan javascript lo. Lain waktu aku akan tujukkan bagaimana cara untuk membuat form dengan python. Lain waktu ya. Selamat mencoba dan selamat belajar.

  • Pingback: Cara Menggunakan GET pada Python - Ardhan Wahyu Rahmanu()

  • close tag python ga ada ya?
    seperti di PHP kita bisa close PHP ?> trus menggunakan tag HTML seperti biasa.
    Baru kalau pengen PHP kita open lagi tag PHP?

    • Nggak ada mas, pada prinsipnya python dieksekusi dulu di cgi-bin dan hasilnya ditampilkan di browser.

      • Taufik Hidayat

        Nanti bisa diakses lewat komputer orang lain ga?…..kan nanti dia masih localhost

        • Bisa kok bang, sama cgi-bin ada dalam direktori xampp, cara aksesnya sama seperti php. Bisa langsung ketikkan ip dari komputer yang dijadikan server. Tapi, dengan catatan komputernya yang dijadikan server terhubung ke jaringan. Kalau tidak terhubung ke jaringan ya tidak bisa diakses. hehehe

  • Patih Sinuwun

    mantap gan tutorial nya ..
    tapi folder cgi-bin saya kok gk bisa di akses ya ?
    mohon pencerah nya ….
    #tq

  • Rika Kyu

    Kenapa gajalan ya? Object not found. Apa ada kesalaha dari coding apa yang lain?

    • Kayaknya bukan codingnya. Bisa lihat screenshotnya?