Aturan Lima Jam yang Membuat Orang Biasa Menjadi Sukses

Aturan Lima Jam yang Membuat Orang Biasa Menjadi Sukses merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh Eloise Best di website lifehack.org. Tulisan aslinya berjudul The 5-Hour Rule That Turns Ordinary People Into Successful Ones. Aku mencoba untuk menyadur tulisan tersebut dan aku bagikan karena tulisan tersebut menurutku sangat bermanfaat, terutama untuk diriku sendiri. Mohon maap jika saduranku kurang bagus. Yuk, mari kita simak

Kamu bekerja dari hari ke hari, tapi tidak melihat perkembangan. Kamu merasa dirimu terjebak pada dirimu saat ini, tidak menunjukkan kemajuan. Kamu melihat teman-temanmu dan kolega telah bergerak hingga dipromosikan. Apa kamu heran, apa perbedaan mereka dengamu. Jika seperti ini keadaanmu saat ini, maka kamu perlu menggunakan Aturan 5 Jam.

Luangkan 5 Jam per-Minggu untuk Belajar

Aturan 5 Jam memerlukan 5 jam seminggu (1 jam per-Hari Senin-Jumat) untuk fokus pada belajar. Ini berarti kita harus mengatur waktu untuk benar-benar fokus belajar dan mengembangkan diri tanpa gangguan oleh pekerjaan lain. Menerapkan aturan lima jam untuk belajar bisa dimulai dengan langkah-langkah berikut

1. Membaca

Membaca merupakan kebiasaan dari orang-orang yang sukses dan kebiasaan membaca ini merupakan cara mudah untuk belajar. Cobalah selalu membawa buku dalam tas setiap waktu dan buatlah tantangan mebaca buku setiap minggu-nya. Kamu juga bisa membuat tantangan dengan cara membaca satu bab dalam sehari atau beberapa buku dalam satu bulan. Contoh pembaca yang baik adalah Bill Gates. Orang nomor satu di Microsoft ini membaca sekitar 50 buku setiap tahun.

2. Merefleksikan

Mungkin, yang dimaksud refleksi di sini adalah menerapkan. Mencoba untuk menyerap terlalu banyak informasi tanpa menerapkannya hanya akan membuatmu kuwalahan dan tidak akan membuatmu mendapatkan kemampuan yang baru. Cobalah untuk membuat jurnal untuk merefleksikan apa yang telah kamu baca. Hal ini akan memberimu kesempatan untuk memikirkan apa yang telah kamu pelajari dari buku.

3. Melakukan Eksperimen

Melakukan eksperimen atau percobaan sangatlah penting jika kamu ingin hidup lebih maju. Luangkanlah waktu di setiap minggu untuk menguji teori baru maupun ide-ide baru. Meskipun teori dan ide-ide tersebut terdengar gila. Beberapa produk paling sukses di dunia merupakan hasil dari eksperimen. Inovasi tidak datang dari melakukan sesuatu yang sama. Meskipun percobaan gagal, paling tidak kita telah mempelajari sesuatu.

4. Jangan Bingung antara Bekerja dan Belajar

Terkadang belajar dan bekerja membuat kamu bingung dan hal ini membuatmu merasa tidak membuat kemajuan. Kamu mungkin berfikir bahwa bekerja selama 40 jam seminggu sudah cukup untuk membuat sebuah kemajuan, tapi ternyata itu jarang terjadi. Selama kamu hanya fokus pada penyelesaian masalah setiap harinya, kamu tidak akan ada waktu untuk berkembang dan tumbuh. Aturan lima jam adalah tentang belajar dengan kesengajaan, bukan hanya bekerja setiap hari dan berharap kamu mungkin mempelajari sesuatu dari pekerjaanmu. Buatlah target belajar yang jelas dan beri diri kamu waktu untuk mencapai target tersebut. Dengan begitu kamu akan melihat kemajuan besar.

5. Fokus pada kemajuan, bukan sekedar produktivitas

Kamu mungkin percaya bahwa jika kamu lebih produktif maka kamu akan lebih sukses. Produktivitas memainkan peranan penting dalam kesuksesan, tapi itu tidak berguna jika tidak dibarengi dengan belajar yang terus menerus. Jika kamu lebih fokus pada pekerjaan sekarang, dari pada pengembangan diri, kamu tidak akan melihat banyak perkembangan. Mungkin awalnya akan berat melakukan aturan lima jam seminggu untuk belajar, tapi nantinya kamu akan berterima kasih kepada diri sendiri. Cobalah untuk melihat melampaui kemampuanmu dan cobalah untuk menjadi versi terbaik yang mungkin dari dirimu saat ini.

  • Aku juga mulai bljr disiplin mas. Satu jam belajar bahasa belanda abis kerja, trus baca buku satu jam juga. Lumayan sih, bs relax juga. Jam 9 malem baru mandi hahaha

    • Wah, keren banget tuh, bahasa belanda, aku aja bahasa inggris masih jauh dari bisa, sempat belajar bahasa china 2 kali gak lulus, mutung tengah dalan. wkwkwk. wes, tak belajar bahasa pemrograman ae. hehehe.
      Btw, kamu kerja dimana? Itu suami kamu yang orang bule? Bule belanda? Tinggal di belanda tah? Kerja di belanda ta?