Cara menggunakan Lists pada Python

Hari ini aku ingin mengajak teman-teman untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan Lists pada Python. Dalam beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, Java, C++, Pascal, Delphi, dan lain-lain, kita mengenal array. Namun, di python kita tidak akan menemukan array. Yang akan kita temukan adalah Lists, Tuple dan Dictionary. Hari ini kita akan fokus membahas mengenai Lists.

Sebelum masuk list, kita perlu tahu apa itu array. Array adalah deretan data dalam satu paket. Setiap data dalam paket tersebut memiliki index untuk membedakan antara data yang satu dengan data yang lain. Untuk bahasa pemrograman seperti pascal dan Java, tipe data dalam array harus sama. Namun, Lists pada python tidak harus memiliki tipe data yang sama. Dalam sebuah Lists, datanya bisa berupa String, Integer, Float, atau bahkan Lists itu sendiri. Karena dinamakan Lists, sifatnya juga mengikuti struktur data list. Perlu diingat bahwa index pada list dimulai dari 0, bukan 1. Berikut ini beberapa contoh deklarasi List

Berikut ini adalah hasilnya

Hasil mencetak list - Cara menggunakan Lists pada Python

Hasil mencetak list

Mengoperasikan Anggota Lists – Cara menggunakan Lists pada Python

Sama halnya dengan bahasa pemrograman yang lain, kita juga bisa mengoperasikan anggota dari lists dengan anggota list lain maupun anggota lists itu sendiri. Namun, harus dipastikan tipe data dari anggota lists sama. Jika beda maka akan terjadi error. Berikut ini adalah contohnya.

Tambahkan baris kode di atas kepada kode awal. Dan berikut ini adalah hasilnya

Pengoperasian isi Lists - Cara menggunakan Lists pada Python

Pengoperasian isi Lists

Jika tipe data berbeda, misal kita tambahkan ListOfInteger[0] dengan MixList[4]. ListOfInteger[0] = 1 (tipe integer) dan MixList[4] = “Wahyu” (tipe string). Berikut contoh kode yang salah

Dengan contoh kode di atas, program kita akan error dengan pesan sebagai berikut ini:

Ketika terjadi kesalahan - Cara menggunakan Lists pada Python

Ketika terjadi kesalahan

Menggabungkan Lists – Cara menggunakan Lists pada Python

Selain anggotanya bisa dioperasikan, lists sendiri juga bisa dioperasikan. Kita dapat menggabungkan 2 buah lists dan kita juga bisa menggandakan anggota list. Berikut ini contohnya:

Berikut ini hasil dari kode program di atas:

Mengoperasikan Lists - Cara menggunakan Lists pada Python

Mengoperasikan Lists

Menghapus dan Menambah Anggota Lists – Cara menggunakan Lists pada Python

Untuk menghapus isi list, kita bisa gunakan del namalist[index], sedangkan untuk menambah isi list kita bisa gunakan namalist.append(). Mari kita buat contohnya. Contoh kali ini kita akan menggunakan lists dengan nama bilangan. Berikut contohnya:

Berikut ini adalah hasil dari kode program diatas:

Penambahan dan pengurangan anggota lists - Cara menggunakan Lists pada Python

Penambahan dan pengurangan anggota lists

Mencari Total Anggota Lists – Cara menggunakan Lists pada Python

Kita telah mengurangi dan menambah anggota lists. Jika hal ini dilakukan secara dinamis, maka kita pasti perlu mengetahui berapa total anggota dari lists. Untuk mengetahui berapa anggota lists kita bisa menggunakan fungsi len(). Berikut ini contohnya.

Hasil dari code program diatas adalah sebagai berikut

Melihat Total Anggota Lists - Cara menggunakan Lists pada Python

Melihat Total Anggota Lists

Menelusuri Anggota List – Cara menggunakan Lists pada Python

Sekarang kita akan mencoba untuk menelusuri anggota list satu per satu. Untuk penelusuran, kita bisa gunakan perulangan for. Berikut ini contohnya.

Berikut ini hasil kode program di atas

Hasil Penelusuran Lists - Cara menggunakan Lists pada Python

Hasil Penelusuran Lists

for i in bilangan berarti menganggap setiap anggota dari list adalah i. Fungsi bilangan.index(i) adalah untuk mengetahui index dari anggota bilangan. Sebagai contoh bilangan.index(1) adalah 0. Kenapa 0? Karena di awal sudah dijelaskan bahwa setiap index dimulai dari 0, bukan 1.

Penutup – Cara menggunakan Lists pada Python

Nah, bagaimana? Mudah kan cara menggunakan Lists pada python. Sekian dulu ya materi tentang Lists. Lain kali kita akan coba menggunakan tuple dan dictionary. Selamat belajar teman-teman.

Referensi

  1. Tutorilspoint.com