Masalah ketika Menginstall Fedora 25

Beberapa hari aku tidak bisa menggunakan laptopku secara normal. Ini akibat dari OS (Operating System) yang ada dalam laptopku tidak bisa digunakan. Awalnya aku mencoba untuk Menginstall Fedora 25 dengan cara Fresh Install (Install Ulang). Namun ternyata ada masalah sehingga laptop yang aku gunakan tidak bisa booting dan tidak bisa mendeteksi hard disk. Bagaimana ini bisa terjadi, dan bagaimana aku bisa menyelesaikan masalah ini. Begini ceritanya.

Keinginan Menginstall Fedora 25

Selama tahun 2016, aku tidak pernah menaikkan versi Linux Fedora yang aku pakai. Aku hanya memakai Fedora 22. Aku sangat ingin sekali mengupdate. Namun, tidak ada waktu. Akhirnya, ketika ada waktu aku putuskan untuk mengupdate dengan cara Fresh Install (Install Ulang) dengan Fedora 25 Workstation. Untuk Fresh Install ini aku membutuhkan sebuah Flash Disk kosong dan aplikasi bernama UNetbootin. Flash Disk ini akan berfungsi sebagai Bootable untuk menginstall Fedora 25. UNetbootin akan membantu kita membuat Bootable USB Flash Disk. Setelah selesai proses pembuatan Bootable, aku tinggal me-restart laptop.

Tampilan UNetbootin - Menginstall Fedora 25

Tampilan UNetbootin

Setelah laptop direstart, aku harus memilih mana alat yang digunakan untuk booting, apakah hard disk atau flash disk. Caranya memilihnya adalah dengan memencet terlebih dahulu tombol F2. Bisa jadi untuk laptop lain, yang dipencet beda. Aku harus memilih flash disk. Ada 2 metode untuk booting dengan flashdisk, yaitu dengan UEFI atau BIOS biasa. Di sini aku melihat keanehan, ternyata ketika aku memilih UEFI, fedora dalam flash disk tidak mau berjalan dan malah time out. Akhirnya aku coba untuk boot tanpa UEFI dan akhirnya bisa masuk. Aku tanpa pikir panjang langsung saja melakukan installasi fedora 25 di partisi kosong. Padahal aku sudah salah masuk, seharusnya aku menginstall menggunakan UEFI.

Karena kesalahanku yang terlalu ceroboh, akhirnya hard disk tidak bisa terbaca di BIOS. BIOS tidak dapat mendeteksi bootable pada hard disk. Namun, BIOS masih bisa mengenali Flash Disk.

Mencoba dengan Ubuntu

Aku sempat berfikir, kalau fedoranya yang corrupted sehingga tidak bisa masuk melalui UEFI. Aku coba urungkan niat menginstall fedora 25 dan aku coba menggunakan Linux Ubuntu 16 LTS. Flash Disk yang sebelumnya aku gunakan lagi untuk Ubuntu dengan cara yang sama. Kali ini ubuntu bisa masuk melalui jalur UEFI. Aku senang, akhirnya bisa juga nih laptop. Tapi, kok ubuntu sih, aku kan maunya pakai fedora. Tapi, biarin aja deh, yang penting bisa. *pikirku*

Akhirnya proses installasi ubuntu-pun selesai. Aku reboot laptopnya dan ternyata laptopnya masih tidak bisa mendeteksi Hard Disk. *Hyaaah*. Aku mulai panic. Kali ini bukan kernel-nya yang panic, tapi orangnya. wkwkwk.

Aku coba mencari-cari solusi melalui google. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan boot-repair. Boot-repair mampu memperbaiki masalah yang terjadi pada saat booting. Dia bisa menemukan di partisi mana OS kita berada. Dia juga membantu untuk memperbaiki grub. Namun ternyata tetap saja hard disk tidak terdeteksi. Kelihatannya boot-repair hanya memperbaiki yang sudah bisa boot, tapi yang hard disk-nya tidak terdeteksi tidak dapat direpair.

Tampilan boot-repair - Menginstall Fedora 25

Tampilan boot-repair

Mencoba Windows

Solusi selanjutnya adalah mencoba windows 8.1. Aku berharap, ini adalah solusi terakhir. Aku juga merasa sedikit kecewa jika harus menggunakan windows. Aku sudah terbiasa menggunakan linux. Tapi, mau gimana lagi, kalau ini adalah satu-satunya cara, maka aku tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Baiklah, dimana aku bisa menemukan windows? Pinjem aja deh, hehe. Aku hubungi teman kantorku yang punya, kemudia aku minta itu installan windows-nya. Cara membuat bootable windows tidak menggunakan unebootin. Caranya adalah menggunakan rufus. Rufus ini tidak hanya untuk windows aja lo, kita juga bisa menggunakan rufus untuk membuat bootable Linux. Setelah bootable windows jadi, aku langsung install windows. Dan ternyata, SAMA. Harddisk tetap tidak terdeteksi.

tampilan rufus - Menginstall Fedora 25

tampilan rufus

Mencoba Menginstall Fedora 25 dengan EFI buatan windows

Aku coba lagi membuat bootable Fedora, namun partisi EFI yang aku pakai adalah partisi EFI buatan windows. Aku sangat optimis dengan solusi ini karena sebelumnya solusi ini telah terbukti berhasil. Tapi ternyata tatap saja, tetap tidak bisa.

Backup Data, Hapus Partisi dan Install Ubuntu

Akhirnya aku mencoba solusi nomor 2 dari yang terakhir. Solusi terakhir adalah membeli hard disk baru, karena mungkin hard disknya rusak. Solusi nomor 2 dari yang terakhir adalah mempartisi ulang hard disk. Jadi aku backup semua data ke harddisk external. Setelah itu aku coba install ubuntu dengan skema “Hapus semua data”. Dengan cara ini harddisk akan dipartisi ulang. Ubuntu secara otomatis juga akan membuat Partisi EFI. Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya proses installasi selesai dan laptop bisa digunakan kembali. Aku senang, dan aku akan stay saja dengan ubuntu. Males banget harus coba-coba lagi.

Kembali ke Menginstall Fedora 25

Namun, aku tersadar. Tujuan utama-ku kan Menginstall Fedora 25, kenapa aku malah menggunakan ubuntu. Baiklah, mumpung belum ada data, aku akan coba mengginstall Fedora 25 sekali lagi. Aku buat bootable Fedora dengan UNetbootin. Masalahnya tetap sama, aku tidak bisa masuk menggunakan UEFI. Aku coba mencari-cari solusi melalui google. Ternyata, masalahnya bukan pada Fedora-nya tapi pada UNetbootin. Akhirnya aku membuat bootable dengan cara lain, yaitu menggunakan Fedora Media Writer. Aku coba kembali menggunakan bootable yang dibuat dengan Fedora Media Writer. Dan, berhasil, aku bisa masuk dengan melalui UEFI. Akhirnya aku menginstall Fedora Melalui UEFI, dan berhasil.

Fedora Media Writer - Menginstall Fedora 25

Fedora Media Writer

Penutup

Selesai sudah perjalanan mencoba-coba ini. Masalahnya ternyata adalah pada “partisi yang complicated” sehingga harus mempartisi ulang. Dan akhirnya aku berhasil menginstall Fedora 25 pada laptop. Inilah tampilannya.

Menginstall Fedora 25

Menginstall Fedora 25