Cara Menggunakan GET pada Python

Sebelumnya aku telah membahas bagaimana cara membuat website dengan python. Kali ini aku akan mencoba untuk menjelaskan cara menggunakan get pada python. Cara sangat gampang sekali. Mari kita pelajari bersama. Oh ya, sebelum membaca tulisan ini, ada baiknya teman-teman sudah bisa membuat web sederhana dengan python.

Persiapan Menggunakan GET pada Python

Pertama, marilah kita buah sebuah direktori di cgi-bin dengan nama BelajarGet. Pada direktori tersebut buatlah 2 buah file python, yaitu form.py dan proses.py. form.py digunakan untuk membuat sebuah form sederhana. Sedangkan proses.py digunakan untuk menampilkan hasilnya.

Direktori di cgi-bin - Menggunakan GET pada Python

Direktori di cgi-bin

form.py

Pada contoh ini kita akan coba untuk membuat form data pegawai sederhana saja. Form-nya hanya menggunakan input berupa text. Kita harus mengatur method=’GET’ dan action=’proses.py’. Agar form yang kita buat teratur tata letaknya, maka kita bisa menggunakan table. Berikut ini adalah script untuk form.py

proses.py

Form yang ada pada form.py akan mengarah kepada proses.py. Pada proses.py kita harus mengimport cgi untuk mendapatkan isian dari form.

Mencoba Hasil

Sekarang mari kita coba program yang telah kita buat. Bukalah browser kemudian ketikkan alamat http://localhost/cgi-bin/BelajarGet/form.py. Sehingga muncul halaman seperti ini:

Input Data Pegawai - Menggunakan GET pada Python

Input Data Pegawai

Isilah form di atas, misalnya seperti ini:

Mengisi Data Pegawai - Menggunakan GET pada Python

Mengisi Data Pegawai

Klik Simpan, maka muncul hasil sebagai berikut ini:

Mengisi Data Pegawai - Menggunakan GET pada Python

Mengisi Data Pegawai

Penutup Cara Menggunakan GET pada Python

Nah, menggunakan get mudah sekali kan? Tapi, bagaimana jika form tersebut memuat radio, select, checkbox, dan textarea. Apakah caranya sama? Mari kita coba pada tulisan berikutnya. Selamat belajar ya.