Cara Menggunakan GIT untuk Merekam Perubahan pada File

Suatu hari aku penah kehilangan data yang ada pada komputerku dikarenakan harddisk yang aku gunakan rusak. Padahal saat itu aku sedang mengerjakan pesanan aplikasi. Aku sudah mengerjakannya lumayan banyak, tapi ternyata hilang semuanya. Semenjak saat itu aku menjadi orang yang gila backup. Sedikit-sedikit backup. Setiap kali aku akan membuat perubahan terhadap aplikasi yang aku buat aku selalu melakukan backup terlebih dahulu. Jika ternyata perubahan yang aku lakukan gagal aku akan mengambil backup dan memulainya kembali. Akibatnya aku terlalu banyak backup sampe aku tidak tahu mana backup yang berguna dan mana backup yang tidak berguna. Hingga suatu hari aku bertemu dengan GIT. Dengan git, aku bisa merekam perubahan terhadap file. Nah, kali ini aku akan mencoba menjelaskan bagaimana cara menggunakan GIT untuk merekam perubahan pada file.

Cara Install GIT

Untuk linux, teman-teman tinggal masukkan perintah

Untuk melihat apakah sudah terinstall, teman-teman bisa ketikkan perintah:

Jika sudah muncul versinya, berarti git sudah terinstall.

Insialisasi

Git harus diinisialiasasi pada sebuah direktori atau folder. Jadi, untuk latihan, mari kita coba untuk membuat direktori atau folder. Misalnya saja belajar. Setelah itu kita inisialisasi git pada direktori “belajar” tersebut dengan perintah:

Perintah git init akan membuat sebuah direktori dengan nama .git. Direktori tersebutlah yang memuat system git. Berikut ini tampilan dari proses inisialisasi git.

Proses Inisialisasi GIT - GIT untuk Merekam Perubahan pada File

Proses Inisialisasi GIT

Langkah selanjutnya adalah memasukkan file yang akan direkam oleh GIT. Karena ini masih belajar dan dalam direktori kita juga kosong, kita coba saja dengan membuat sebuah file dengan nama tulisan.txt. Isilah file tulisan.txt dengan apapun, misalnya saja

Ini adalah tulisan pertama, belum ada pengeditan pada tulisan ini.

Kemudian kita masukkan tulisan tersebut ke dalam git dengan perintah:

Jika dalam direktori adalah banyak file yang akan dimasukkan ke dalam git, maka gunakan perintah:

Jika sudah, kita rekam penambahan tersebut dengan perintah

Nah, sekarang kita siap untuk mengedit tulisan kita. Oh ya, untuk menggunakan 2 perintah di atas, pastikan kita berada pada direktori yang memuat .git.

Mengedit File

Selanjutnya, mari kita coba untuk mengedit file tulisan.txt dengan menambahkan tulisan ini (atau tulisan yang lain):

Tulisan ini aku edit lo ya.

Setelah selesai mengedit, kita coba untuk membuat rekaman apa yang telah kita edit. Cara nya adalah dengan menggunakan perintah:

Mengedit Sekali Lagi

Selanjutnya mari kita coba langkah sebelumnya sekali lagi. Misal kita tambahkan saja kalimat

Sekali lagi, tulisan ini aku edit

Gunakan perintah git add dan commit sekali lagi. Namun, gunakan pesan yang berbeda.

Melakukan perubahan terhadap tulisan.txt - GIT untuk Merekam Perubahan pada File

Melakukan perubahan terhadap tulisan.txt

Melihat Log

Nah, kita sudah merekam 3 kali, pertama adalah penambahan, kedua adalah pengedita, dan ketiga juga pengeditan. Kita bisa melihat rekaman dengan cara mengetikkan perintah:

Dengan perintah di atas, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Melihat Log - GIT untuk Merekam Perubahan pada File

Melihat Log

Jika kita perhatikan log di atas, kita melihat setiap perekaman memiliki sebuah identias commit. Misalnya yang paling atas adalah 9aec2d1d0033cabeb11cef605c2bf424f96be0ff. Selain itu kita juga bisa melihat pesan yang kita sampaikan pada setiap perekaman.

Melihat Perbedaan

Nah, selain melihat log, kita juga bisa melihat perbedaan antar commit. Untuk melihat perbedaan ini, kita memerlukan identitas dari commit. Berikut contoh perintahnya:

Hasil dari perintah di atas adalah sebagai berikut:

Melihat perbedaan dengan diff - GIT untuk Merekam Perubahan pada File

Melihat perbedaan dengan diff

Jika kita perhatikan, kita bisa melihat ada tulisan yang berwana hijau dengan tanda (+). Itu adalah tulisan yang ditambahkan pada file tulisan.txt sebelumnya.

Penutup Cara Menggunakan GIT untuk Merekam Perubahan pada File

Nah, sekian dulu cara merekam perubahan dengan git. Apakah git hanya bisa merekam perubahan? tentu tidak, git dapat mengembalikan file kita ke revisian tertentu. Bagaiaman caranya? Pada tulisan berikutnya akan aku jelaskan. Selamat belajar dengan git. Semoga lancar.