Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manajemen Waktu

Manajemen Waktu ya? apa itu ya? mari kita belajar beberapa tips untuk mengatur waktu, tapi sebelum itu aku mau cerita. Lama sekali aku tidak menulis sesuatu, sekarang ini ingin bersantai setelah beberapa hari sprint untuk membut standar pemrograman baru untuk eoffice yang baru. Rasanya semua ini terasa sangat melelahkan apalagi pekerjaan yang seharusnya membutuhkan konsentrasi tinggi harus dibarengi dengan pekerjaan sebagai konsultan eoffice. Tapi, semua itu harus dinikmati. Orang yang paling bahagia bukan orang yang memiliki segalanya bukan? Tapi orang yang paling bahagia adalah orang yang selalu bisa menikmati apapun dalam kondisi apapun. Intinya jangan pernah merasa terbebani dengan semua ini. Ini adalah anugerah dari Sang Pencipta.

Kok jadi curhat. Aku kan ingin menulis sesuatu. Jadi, apa materi kita kali ini? Aku ingin membahas tentang manajemen waktu. Kenapa manajemen waktu? Karena waktu adalah sesuatu yang sangat berharga yang tidak dapat diulang kembali walau hanya 1 detik. Jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik bisa jadi kita akan merugi kedepannya. Jadi mari kita belajar bagaimana memanfaatkan waktu dengan manajemen waktu. Ada yang bilang kalau waktu itu tidak bisa diatur, yang bisa diatur adalah kita sendiri. Bukan waktu kita yang sedikit tapi tingkah kita yang sering mengabaikan waktu. Waktu itu tidak seperti uang yang jika kita tabung akan mendapat bunga. Jika kita tidak menggunakan waktu dengan baik, maka waktu itu akan hilang dan sirna.

Hal utama yang harus kita persiapkan sebelum mengatur waktu adalah mengetahui apa saja yang akan kita kerjakan dengan waktu. Pekerjaan dibagi menjadi 2, yaitu pekerjaan yang sifatnya sementara dan pekerjaan yang sifatnya rutinitas. Pekerjaan sementara adalah pekerjaan yang dikerjakan sekali waktu dengan batas waktu tertentu, sedangkan rutinitas adalah pekerjaan harian yang setiap hari harus kita lakukan.

Tips manajemen waktu untuk mengerjakan rutinitas

1. Buat Jadwal

Yang pertama tentu kita harus membuat jadwal dari daftar rutinitas. Rutinitas terdiri dari rutinitas harian, mingguan dan bulanan. Dengan tidak membuat jadwal rutinitas, bisa jadi kita akan kehilangan waktu lebih banyak. Contohnya adalah rutinitas membayar air. Nah, kita lupa kalau jadwal membayar air, hingga akhirnya kita kena denda dan harus pergi jauh ke kantor PDAM. Jika kita rajin membayar tepat waktu kita tidak perlu jauh-jauh, cukup bayar secara online saja.

2. Jangan melakukan penundaan

Biasakan untuk tidak menunda hal sekecil apapun. Penundaan tidak akan menyelesaikan masalah. Setiap kali kita menunda kita akan berhutang pekerjaan. Jika hutang kita semakin banyak, kita akan bingung untuk mebayarnya. Bingung mana yang harus dikerjakan duluan. Pikiran menjadi stress. Pikiran yang stress sulit untuk fokus. Jika tidak fokus pekerjaan akan banyak kesalahan. Harus revisi-revisi berkali-kali yang memakan waktu banyak. Contoh kecil adalah mencuci gelas setelah digunakan. Hal kecil semacam ini bisa sangat menghemat waktu kita. Jika kita tidak segera mencuci

3. Meletakkan Barang pada Tempat yang sama

Pernah apa tidak kita kehilangan kunci motor hanya karena lupa menaruhnya. Dicari kesana-kemari tidak ketemu. Hingga memakan waktu yang lama untuk menemukannya. Mungkin beberapa ada yang sering tapi beberapa ada yang tidak pernah karena selalu meletakkan kunci motor di tempat yang sama setiap harinya. Ya, meletekkan barang di tempat yang sama akan sangat menghemat waktu kita.

4. Mendelegasikan

Tangan manusia hanya ada 2 kan? Kita tidak bisa dalam sekali waktu mengerjakan banyak sekali pekerjaan. Nah, rutinitas yang biasa kita lakukan bisa kita delegasikan kepada orang lain. Bukan hanya bos saja yang bisa mendelegasikan. Kita juga bisa kok mendelegasikan pekerjaan. Contohnya pekerjaan rumah. Jika kita kesulitan bekerja hanya karena terlalu sibuk mengerjakan pekerjaan rumah, maka pekerjaan rumah itu bisa kita delegasikan kepada orang lain. Tapi kita harus membayar. Untuk mendelegasikan pastikan dengan adanya pendelegasian itu kerja kita semakin giat dan kita bisa menghasilkan uang lebih. Jika masih belum bisa menghasilkan untuk lebih, saya sarankan untuk tidak mendelegasikan kepada asisten rumah tangga. Karena kita akan kerepotan sendiri. Pastikan uangnya cukup dulu ya.

5. Sempatkan untuk olahraga

Kenapa berolahraga? Itu kan membuang-buang waktu? Siapa bilang olahraga membuang waktu? Justru dengan rajin olahraga kita akan sangat banyak menghemat waktu? Kok bisa? Dengan rajin olahraga tubuh kita menjadi sehat. Dengan menjadi sehat kita tidak perlu rajin-rajin ke dokter kan? Tapi ingat, olahraga secukupnya. Jangan terlalu berat dan juga jangan terlalu ringan. Jika terlalu berat, kita akan kehabisan tenaga dan tidak dapat mengerjakan pekerjaan lain. Jika terlalu ringan, kita tidak akan mendapatkan manfaat dari berolahraga.

6. Catat semua

Kita catat semua hal yang penting, jangan sampai ada yang terlewatkan. Seorang guru pernah bilang tulis apa yang akan kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu tulis, dan tulis apa yang sudah kamu kerjakan. Jadi kita harus punya daftar semua perkerjaan. Aturannya adalah ‘tidak boleh ada pekerjaan yang terlewatkan’. Dari semua daftar itu kita kerjakan satu per satu dengan focus. Jangan sampai multitasking karena pekerjaan kita tidak akan maksimal. Selanjutnya kita tulis apa yang telah kita kerjakan untuk menjaga motivasi. Terkadang kita sudah mengerjakan banyak hal tapi terasa kita belum mengerjakan apa-apa. Dengan menulis apa yang telah kita kerjakan kita jadi tahu ternyata kita sudah mengerjakan banyak. Dengan begitu perasaan belum mengerjakan apa-apa bisa hilang. Perasaan itu bisa sangat mengganggu.

Tips Manajemen Waktu untuk mengerjakan pekerjaan sementara

Pekerjaan sementara bisa juga dibilang proyek. Biasanya pekerjaan ini cakupannya sangat besar. Tidak dapat dikerjakan dalam 1 hari. Mungkin bisa memakan waktu tahunan. Lantas, bagaimana tips agar mengerjakan pekerjaan sementara ini berjalan tepat sesuai deadline

1. Pecah pekerjaan

Ada satu pertanyaan dari seorang motivator kepada peserta seminar, perntanyaannya adalah: ‘Bagaimana anda bisa memakan gajah?’. Gajah itu sangat besar, kita tidak bisa memakan gajah yang besar itu dengan sekali telan. Jadi kita harus memotong gajah menjadi potongan kecil-kecil agar bisa masuk ke mulut kita. Meskipun kita telah memotongnya menjadi bagian kecil, kita tidak bisa menghabiskan gajah itu dengan makan sehari. Karena kapasitas perut kita tidak mencukupi. Tapi, jika kita menyimpan gajah mati terlalu lama, gajah itu akan basi sebelum bisa dihabiskan. Jadi caranya adalah dengan membagi, mengajak orang untuk menghabiskan gajah tersebut. Nah, masalah gajah ini bisa kita analogikan dengan manajemen waktu khususnya pekerjaan besar. Kita tidak mungkin mengerjakan pekerjaan besar langsung sekali jadi. Butuh waktu berhari-hari. Kita harus memecah pekerjaan kecil sehingga kita bisa memakannya.

2. Mendelegasikan

Sama halnya dengan rutinitas, pekerjaan sementara juga bisa kita delegasikan. Yang peting kita telah memotongnya dengan benar. Dan salah memeberikan potongan kepada orang. Orang kita pilih untuk memakan potongan itu haruslah orang yang tepat.

3. Fokus kepada Kemajuan

Setelah pekerjaan besar itu berhasil kita potong-potong. Kita harus berkomitmen untuk mengerjakan satu per satu. Setiap hari harus ada kemajuan. Karena dengan tidak adanya kemajuan ritme kita untuk mengerjakan pekerjaan tersebut akan hilang. Ide-ide yang sebelumnya ada bisa jadi hilang entah kemana. Jadi kita harus menjaga ritme pekerjaan itu dan terus mengerjakan hingga selesai.

Nah, begitulah sedikit pengalamanku dalam manajemen waktu. Pengalaman ini juga aku dapatkan dari membaca tulisan orang dan menerapkannya. Tapi aku juga masih belum ekpert dalam mengatur waktu. Aku juga masih belajar. Berikut ini juga ada tips untuk mengerjakan pekerjaan besar dengan cepat.

Mungkin sampai di sini dulu yang bisa aku sampaikan. Kapan-kapan kita sambung lagi dengan topik yang lain. Selamat mengatur waktu. Berikut ini juga bisa menjadi referensi loh.

  1. https://www.wikihow.com/Organize-Your-Time
  2. https://www2.le.ac.uk/offices/ld/resources/study/time